Monday, January 18, 2016

Apa yg dimaksud dengan tepung tang mien ??



Apa yg dimaksud dengan tepung tang mien ??
Biasanya digunakan ut apa ???

Tepung tang mien adalah tepung yang terbuat dari pati gandum, dengan warna yg lebih putih dan tekstur yg lebih halus dari tepung terigu. Tepung ini kerap di gunakan untuk membuat kulit hakau ( dim sum udang ).tepung ini membuat warna kulit hakau jadi transparan dan teksturnya lentur. Makanan yg diolah dengan tepung ini sebaiknya selalu berada di dalam alat pemanas sebelum disajikan. Jika terlalu lama berada disuhu ruang, akan membuat makanan tersebut menjadi kering.


KONSULTASI SEPUTAR HALAL
( bersama DR. Ir Anton Apriyantono Msc )
Pertanyaan :
# apakah ada tepung tang mien yang halal? Tepung tang mien adalah tepung untuk membuat dim sum. Bisakah di ganti dengan tepung lain?

Jawaban :
* setelah dicari didaftar produk halal dari LPPOM MUI ternyata memang belum kami temukan tepung tang mien yang telah mendapatkan sertifikat halal. Akan tetapi, jika dilihat dari cara pembuatan tepung tang mien yang merupakan pati gandum maka kami belum melihat adanya potensi ketidakhalalanya kecuali dalam pembuatannya tersebut ada tambahan tambahan bahan lain seperti penambahan vitamin dan mineral ( fortifikasi ),seperti yg terjadi pada pembuatan tepung terigu.

Untuk memastikan kehalalannya memang harus melalui pemeriksaan yg teliti oleh pihak ketiga yaitu lembaga sertifikasi halal. Dalam pembuatan dim sum bisa saja tepung tang mien di gantikan oleh tepung pati sejenis seperti tepung maizena, akan tetapi tentu kualitas dim sum yg dihasilkan tdk akan sama. Walaupun demikian, ut memastikannya perlu dilakukan percobaan sendiri dengan mengganti seluruhnya atau sebagian tepung tang mien dengan tepung sejenis seperti maizena, pati singkong ( tapioka ) atau pati sagu.

0 comments: