Monday, January 18, 2016

ADONAN DASAR UNTUK KULIT DUMPLING DAN SIOMAY


ADONAN DASAR UNTUK KULIT DUMPLING DAN SIOMAY

bagi kalian yang menggemari dim sum seperti dumpling dan siomay, mampu membuatnya di rumah menjadi tantangan tersendiri. Kulit dumpling yg shiny dan translucent memang tidak mudah dibuat, apalagi bentuknya yg unik menyerupai dompet mungil nyaris bisa dibilang seni tingkat tinggi. Kalau untuk kulit siomay bisa kita akali dengan menggunakan kulit pangsit yg banyak dijual dipasar tetapi bagaimana dengan kulit dumpling?? Kulit dumpling berbeda dengan siomay, warnanya putih, licin dan transparan sehingga isi udangnya yg berwarna merah hampir terlihat dari luar, cantik sekali.

Mari kita simak cara pembuatannya. Tips untuk memberikan efek shiny dan translucent pada dumpling yaitu dengan menambahkan tepung tapioka dan di beberapa resep juga menambahkan wheat strach.informasi mengenai wheat starch adalah sejenis pati ( bukan tepung )yg terbuat dari biji gandum. Wheat starch ini umumnya dipakai ut nembuat kulit dumpling.

Karena tidak memiliki wheat starch maka bisa menggunakan tepung tang mien ( bisa dibeli disupermarket besar dan toko bahan kue ) tepung ini khusus ut membuat dumpling , jadi saya rasa mungkin mengandung pati jagung.tapi karena belum pernah mencoba menggunakan tepung tang mien dan takut gagal mode on maka saya mencampur adonannya dengan terigu. Hasilnya kulit dumpling shiny dan hampir transculent hanya saja warnanya tidak putih seperti yg di jual di resto dim sum.,wah mungkin seharusnya saya hanya menggunakan tepung tang mien saja tanpa mencampurnya dengan yg lain.

Kulit dumpling ini juga bisa digunakan ut membuat siomay hanya saja jangan menggilas adonan kulitnya terlalu tipis. Ut resep isi dan membuat dumplingnya, ada di bawah ini.

Step by step membuat dumpling ayam dan udang

ADONAN DASAR UNTUK KULIT DUMPLING DAN SIOMAY

resep di adaptasi dari :
cook eat share : dumpling dough
use real butter, chinese dumplings dan potstickers

bahan :

* 100 gram tepung ten mien
* 120 gram tepung terigu serba guna
* 2 sdm tepung tapioka
* 150 ml air mendidih
* 1 sdm minyak sayur

cara membuat :

* gunakan nangkuk yg anda leluasa bergerak untuk menguleninya

* masukkan tepung tang mien, tepung terigu, tapioka dan minyak sayur kedalam mangkuk,tuangkan air hangat merata kepermukaannya.biarkan sejenak hingga air meresap dan agak mendingin.

* aduk dengan sendok kayu atau spatula kemudian uleni adonan dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket lagi. Lama menguleni kira kira 10 menit. Tambahkan air sedikit sedikit menggunakan sendok jika adonan dirasa terlalu kering

* bulatkan adonan, tutup permukaan mangkuk dengan kain bersih. Biarkan selama 15-20 men it.

* adonan yg terbentuk smooth dan tdk terlalu elastis, sehingga ketika digilas adonan tidak mengkerut kembali. Adonan juga tidak mudah lengket setelah digilas. Berbeda jika hanya menggunakan tepung terigu saja.adonan sangat elastis dan lengket satu sama lain.

* tipiskan adonan dengan menggunakan kayu penggilas atau alat pembuat pasta dan kulit siap di gunakan untuk dumpling atau siomay

Sumber : just try and taste

0 comments: