Sunday, February 14, 2016

Chicken Mushroom Pizza


Chicken Mushroom Pizza

Belakangan ini lagi seneng mbikin pizza, karena suhu udah mulai anget, proofing adonan pizzanya selalu ngembang bagus, jadinya semangat mbikin pizza dan rerotian. Mbikinnya simple2 aja, menyesuaikan bahan yang ada di rumah, pakai ayam dan jamur. Kali ini pizzanya coba saya oven barengan, yaitu adonan kulitnya langusng diberi topping dan dioven suhu tinggi, 200 deg C selama 30 menit. Klo biasanya saya oven kulitnya dulu setengah matang, suhu 200 deg C selama 8-10 menit, lalu diberi topping dan dioven lagi 15 menit atau hingga matang. Pasti beda hasilnya...hehe...

Daan ini dia hasilnyaa..... menurut saya, klo dioven barengan gini, keju mozzarellanya terlalu matang, jadi lebih mengering permukaannya dan sedikit mengeras, karena dioven lebih lama, 30 menitan tadi. Saya lebih suka yang cara lama yaitu dioven 2x, yaitu oven kulitnya dulu, beri topping lalu oven lagi. Saya lebih suka begitu, karena keju mozarella nya jadi ga terlalu mateng banget, asal leleh aja...jadi saat disantap pizzanya masih meleleh-leleh gitu mozarella nya :)))) Kembali ke selera masing-masing yaa...yang jelas pizza selalu yummy ^^

Bahan Kulit : (*ummi: pake 1/2 resep dari ini)

Bahan biang :
1 sdm ragi instant
75 ml air hangat
1 sdt gula pasir

Bahan :
500 gr tepung terigu protein sedang
150 ml air
1 sdm minyak zaitun (*ummi: pakai canola oil)
1 sdt garam

Cara :
larutkan ragi instant dan air hangat. tambahkan gula pasir aduk rata. Diamkan 10 menit sampai berbusa
campur tepung terigu dan larutan ragi instant. uleni rata. Tuang air sedikit2 sambil diuleni sampai kalis.
masukkan minyak zaitun dan garam uleni sampai elastis. Bulatkan, letakkan di baskom yang telah dioles minyak zaitun, diamkan 1 jam.
Adonan siap digunakan.
Kempiskan adonan, bagi 4 bagian adonan (*ummi: bagi mjd 2 bagian), bulatkan, diamkan 10 menit.
giling tipis setebal 1/2 cm hingga berbentuk bulat dengan sisi lebih tebal.
letakkan di loyang yang ditaburi tipis tepung terigu atau dioles minyak. Tusuk2 adonan dengan garpu.
Oven 7 menit dengan api bawah suhu 190 deg C sampai setengah matang. Angkat. (*ummi: kali ini adonan kulitnya saya oven bersama topping sausnya sekalian)

Bahan saus :
saus tomat siap pakai 5 sdm atau sesuai selera
1 siung bawang bombay, cincang halus
1 sdt bawang putih halus
125 gr daging ayam, rebus, cincang halus
50-75 gr jamur shimeji, potong-potong
1 buah paprika merah ukuran kecil, potong-potong
1/4 sdt merica bubuk
garam dan gula pasir secukupnya
50-100ml air kaldu ayam
1-2 sdm minyak utk menumis

Mayones secukupnya

Bahan topping: (secukupnya) :
1/4 siung bawang bombay, iris tipis
100 gr keju mozarella (atau secukupnya)
Parsley flake / Peterseli secukupnya

Cara :
Saus : tumis bawang bombay, paprika merah dan bawang putih halus hingga harum. Masukkan jamur shimeji, ayam cincang dan air kaldu ayam secukupnya. Tambahkan garam, gula, merica bubuk, aduk rata. Masak hingga matang dan air menyusut, sebelum diangkat tambahkan saus tomat. Aduk rata sebentar. Angkat.

Penyelesaian :
Campur tumisan saus ayam jamur dan mayones secukupnya, aduk rata. Oles pizza dengan saus ayam jamur, taburi topping yaitu bawang bombay dan keju mozarella. Taburi parsley flake.
Oven 10 menit dengan api bawah suhu 200 deg C sampai matang. (*ummi: kali ini adonan kulit langsung dioles saus ayam jamur dan diberi topping, oven dg suhu 200 deg C selama 30 menit atau hingga matang. Jadi adonan kullitnya ga dioven duluan, tapi langsung dioven bersama toppingnya).

0 comments: