Tuesday, March 1, 2016

Babi Panggang Merah aka Pork Carsiew BBQ (NON-HALAL)


Babi Panggang Merah aka Pork Carsiew BBQ

Bahan-Bahan :
1 kg daging babi
5 siung bawang putih
1 sdm angkak
1 sdt bumbu ngo hiong bubuk
1 sdm garam
1/2 sdt pala bubuk
3 sdm gula pasir
4 sdm madu
1 sdm minyak wijen
3 sdm ang ciu

Cara Membuat :
1. Haluskan bawang putih
2. Tambahkan angkak, haluskan lembut sampai rata
3. Campur ulekan bawang putih dan angkak bersama dengan bumbu-bumbu yang lain dalam wadah.
4. Masukkan daging, lumuri daging dengan bumbu sampai merata.
5. Tutup dengan plastic wrapping, simpan di lemari es semalaman.
6. Keesokan hari saat mau manggang, panaskan oven 220 der C. Kemudian 2 loyang. Kita akan memanggang dengan cara au ban marie (semoga bener spellingnya). Loyang pertama tambahkan air, sisihkan.
Siapkan loyang kedua yang sudah dialasi dengan aluminium foil.
7. Susun daging dengan rata diatas loyang yang sudah dialasi dengan aluminium foil
Tutup permukaan loyang dengan aluminium foil.
Masukkan loyang ke-2 kedalam loyang pertama yang berisi air
Masukkan dalam oven dan panggang. Dari beberapa resep yang aku baca, semua menganjurkan setiap 10 menit olesi daging dengan sisa bumbu klo aku siy gak sakleg tiap 10 menit ya...20 menit, 15 menit, sesuai mood ajah hihihihihi..... Nah saat aku membuka kembali panggangan itu aku lihat bagian bawah daging banyak genangan lemak yang keluar dan juga air dari bumbu tentunya, which is good, it means lemak dan air akan keep daging tetap moist dan gak kering. Cuman...buat aku kok kurang sreg gimana gitu. Jadi di pemanggangan ke 1 jam 30 menit aku putuskan untuk membuka loyang dan melanjutkan pemanggangan dengan caraku sendiri.
8. Aku siapkan loyang lain dan tentu tetap dialasi dengan aluminium foil. Kemudian pindahin daging dari loyang di pemanggangan pertama ke loyang yang baru.
Setelah dipindahin ke loyang baru, panggang lagi tanpa ditutup atasnya selama 5 menit pertama, keluarin, olesin lagi dengan bumbu, panggang lagi. Bolak balik selama 15 menit kemudian keluarkan. Hasilnya tetap moist dan sudah tidak terlalu basah lagi.
9. Olesi permukaan daging yang sudah matang dengan madu secara merata, potong-potong, sajikan dengan saus sambal. Aku masih pake saus sambal botolan kemarin itu. Sepertinya aku perlu mencari resep sambal pendamping yang tepat untuk makan babi panggang merah ini. Yummmm!!!

0 comments: