Saturday, December 26, 2015

Sambal Bawang


Sambal Bawang

Akhir-akhir ini, sambal bawang mulain ge-hits dan digemari di Indonesia. Salah satunya sih karena sambal bawang ini menjadi oleh-oleh khas sebuah daerah di Jawa Timur. Tapi nggak hanya itu saja, kok. Sambal bawang ini memang digemari karena rasa pedasnya nggak kira-kira dan cocok untuk makanan apa saja. Pokoknya sangat memanjakan lidah para penyuka kuliner dan rasa pedas, deh.

Kalau lagi ingin menyantap sambal bawang ini, kamu nggak perlu repot-repot memesan sambal yangnge-hits itu. Buat sendiri saja di rumah. Gampang, kok. Ini nih bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

7 cabai rawit merah segar; jumlah cabai bisa dilebihkan sesuai selera
3 siung bawang putih
1 butirbawang merah
Gula dan garam secukupnya
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis.
Kemudian, setelah semua bahan siap, tumis cabai dan bawang dalam minyak yang panas.Jika sudah mulai layu, tiriskan sejenak cabai dan bawang tersebut. Siapkan cobek dan ulekan yang akan digunakan, lalu haluskan cabai dan bawang yang sudah ditumis dengan menambahkan gula sertagaram secukupnya. Jadi, deh, sambal bawangnya!

Sambal bawang ini cocok untuk segala jenis makanan. Tapi menurut kami, sambal bawang ini cocok banget untuk teman makan bebek atau ayam goreng. Ditambah lagi dengan nasi dan lalapan, wah nikmatnya sempurna!

0 comments: