Monday, April 25, 2016

Resep Sus Angsa Vla Buah


Resep Sus Angsa Vla Buah

Bahan Kulit Sus:

- Tepung terigu protein sedang 200 gram
- Telur ayam 5 butir
- Air 325 ml
- Margarin 150 gram
- Garam ½ sendok teh

Bahan VLA:

- Susu cair 400 ml
- Gula pasir 75 gram
- Tepung maizena 30 gram, larutkan dengan 50 ml air
- Garam 1/8 sendok teh
- Kuning telur 1 butir, kocok lepas
- Esens vanili secukupnya
- Mentega tawar 1 sendok makan

Topping:

- Kiwi 2 buah, kupas dan potong kipas
- Anggur merah 75 gram, belah 4 bagian
- Ceri merah 75 gram, belah 2 bagian

Cara Membuat:

- Kulit Sus: Rebus air, margarin dan garam hingga mendidih. Masukkan terigu, aduk hingga kalis. Angkat dan biarkan hangat. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
- Bentuk Badan Angsa: Ambil ½ bagian adonan, masukkan ke dalam plastik segitiga dengan spuit bintang. Semprotkan dalam loyang bersemir margarin hingga berbentuk bulat.
- Bentuk Leher Angsa: Ambil 1/4 bagian adonan, masukkan ke dalam plastik segitiga. Potong ujungnya dan semprot kan dalam loyang bersemir margarin hingga membentuk angka 2 atau menyerupai leher angsa.
- Bentuk Ekor Angsa: Masukkan sisa adonan ke dalam plastik segitiga, potong ujungnya dan semprotkan ke dalam loyang hingga berbentuk kipas.
- Panggang seluruh adonan bentuk badan, leher dan ekor angsa ke dalam oven bersuhu 190derajat Celcius selama lebih kurang 30menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin.
- Vla: Campur susu, gula, meizena, garam dan kuning telur. Aduk rata. Masak sambil diaduk hingga mendidih dan mengental. Tambahkan esens vanili dan mentega, aduk rata. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Masukkan ke dalam plastik segitiga.
- Ambil kulit sus berbentuk badan angsa. Potong setengah bagian badan angsa. Potong kembali potongan badan angsa hingga menyerupai sayap angsa.
- Letakkan leher angsa pada badan angsa, semprotkan vla pada badan angsa.
- Hiasi kedua sisi dengan potongan sayap. Tempelkan ekor angsa pada bagian belakang. Hiasi badan angsa dengan bahan topping. Sajikan

0 comments: